Minggu, 22 Juni 2014

MAKALAH SAKA BHAYANGKARA

MAKALAH SAKA BHAYANGKARA








Calon Angkatan XVIII
Nama : Melinda Ayu Septiningih











Kata Pengantar

        Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, emoga rahmat dan keselamatan dilimpahkan kepada Nabi Muhammad saw, para sahabat dan umat-Nya, karena rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ‘Saka Bhayangkara’ dengan tepat waktu.
            Saya mengucapkan terimakasih kepada Kak Tanzil selaku Pamong Saka Bhayangkara Polres Batanghari yang telah membimbing saya dalam mengikuti kegiatan Saka Bhayangkara selama ini. Tidak lupa pula aya ucapkan terimakasih kepada teman sejawat dan semua pihak yang telah ikut membantu menyeleaikan makalah ini.
            Pemuda dapat melibatkan diri diberbagai organisasi yang ada di lingkungan masyarakat. Salah satunya ialah pramuka. Dalam pramuka terdapat beberapa satuan karya, epertisatuan karya ang berada dibawah naungan kepolisian yaitu Saka Bhayangkara. Banyak kelebihan yang kita dapat dalam mengikuti organisasi ini.
            Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini  jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saya berharap kepada para pembaca agar bersedia memberikan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kelancaran penulisan makalah ini dikemudian hari. Penulis juga berharap agar makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi pembaca dan saya selaku penulis.





                                                                                    Muara Bulian, 27 Agustus 2013



                                                                                                            Penulis











BAB I
PENDAHULUAN


       

1.1              Latar Belakang
Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega  atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.
            Satuan Karya Pramuka juga memiliki kegiatan khusus yang disebut Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka disingkat Pertisaka yang dilaksanakan oleh tiap-tiap saka, sedangkan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama lebih dari satu saka yang disebut Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka disingkat Peransaka. Kegiatan Peransaka antara lain melakukan transfer bidang keilmuan masing-masing Satuan Karya.

1.2              Rumusan Masalah

1.      Apa itu saka bhayangkara ?
2.      Apa saja jenis-jenis krida yang ada di Saka Bhayangkara?
3.      Apa saja hasil yang diharapkan dibentuknya Saka Bhayangkara ?

1.3              Tujuan dan Manfaat

Tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang memiliki akhlak dan moral Pancasila guna ikut serta bertanggung jawab terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat melalui pendidikan Kebhayangkaraan di dalam Gerakan Pramuka.
Manfaat yang dapat diambil dan berguna bagi diri sendiri maupun dilingkungan masyarakat anatara lain:
1.                           Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang keamanan dan ketertiban mayarakat.
2.                           Guna menambahkan untuk melibatkan diri dalam bidang kebhayangkaraan dan ikut berperan dalam pembangunan nasional.





BAB II
ISI


2.1 Pengertian Saka Bhayangkara
           
Satuan Karya Pramuka, disingkat SAKA, adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang memiliki akhlak dan moral Pancasila guna ikut serta bertanggung jawab terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat melalui pendidikan Kebhayangkaraan di dalam Gerakan Pramuka.
Saka Bhayangkara adalah Satuan Karya yang berada di bawah pembinaan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Disamping itu Saka Bhayangkara merupakan Saka terbesar dan paling berkembang di Indonesia. Hal ini Karena Saka Bhayangkara dapat dibentuk di hampir seluruh wilayah Kwartir di Indonesia, tidak terbatas pada suatu sumber daya atau kondisi alam.
2.2 Jenis-jenis krida
            Krida adalah satuan terkecil dari Satuan Karya (SAKA). Tiap dipimpin oleh Ketua Krida. Anggota Krida melaksanakan kegiatan sesuai dengan nama krida/ spesifikasi yang dipilihnya.
Krida-krida dalam Saka Bhayangkara, sebagai berikut :
  1. Krida Ketertiban Masyarakat (Tibmas)
  
 Tujuannya:
        Untuk mengamankan meliputi keamanan masyarakat dan negara guna mencegah hal-hal/ tindakan yang menyangkut kriminal.
 Krida Kamtibmas memiliki 4 SKK :
1)       SKK Pengamanan lingkungan pemukiman
2)       SKK Pengamanan lingkungan kerja
3)       SKK Pengamanan lingkungan sekolah
4)       SKK Pengetahuan hukum





  1. Krida Lalu Lintas (Lantas)
            Krida Lalu Lintas, terdiri atas 3 SKK :
1. SKK Pengetahuan Perundang-undangan/Peraturan Lalu Lintas
2. SKK Pengaturan Lalu Lintas
3. SKK Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas
  1. Krida Pengenalan Tempat Kejadian Perkara (PTKP)
            Skk krida PTKP:
1.      SKK Pengenalan Sidik Jari
2.      SKK Pengenalan tulisan tangan dan tanda tangan
3.      SKK Pengenalan Tempat Perkara (TKP )
4.      SKK Pengenalan Bahaya Narkotika
  1. Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (PPB)
P2B adalah tindakan yang pertama kali dilakukan guna membantub dalam mengevakuasi korban bencana alam atau kebakaran.
            SKK P2B ada 7 yaitu:
1.      SKK Pencegahan kebakaran
2.      SKK Pemadam kebakaran
3.      SKK Rehabilitasi korban bencana
4.      SKK Pengenalan kerawanan bencana
5.      SKK Pencarian korban
6.      SKK Penyelamatan korban bencana
7.      SKK Pengenalan satwa



2.3 Hasil yang diharapkan dibentuknya Saka Bhayangkara
            Hasil yang diharapkan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah agar para anggota gerakan pramuka :
  1. Memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan, dan keterampilan serta pengalaman dalam bidang kebhayangkaraan.
  2. Memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.
  3. Memiliki sikap, kebiasaan dan perilaku yang tangguh sehingga mampu mencegah, menangkal serta menanggulangi timbulnya setiap kejadian kamtibmas.
  4. Memiliki kepekaan dan kewaspadaan serta daya tanggap dan penyesuaian terhadap setiap perubahan dan dinamika social di lingkungannya.
  5. Mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kamtibmas kepada para anggota Gerakan Pramuka di Gugusdepannya.
  6. Mampu menyelenggarakan pengamanan lingkungan serta secara swakarsa, swadaya dan swasembada, serta secara nyata yang berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat lingkungannya.
  7. Mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi di lingkungannya untuk kemudian segera menyerahkan kepada Polri.
  8. Mampu membantu Polri dalam pengamanan TKP dan melaporkan kejadian tersebut serta bersedia menjadi saksi.

















BAB III
Penutup


3.1 Simpulan
            Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa saka bhayangkaramemiliki banyak peran dalam kehidupan bermasyarakat khususnya bagi para pemuda/i. Mereka dapat memiliki kepekaan dan kewaspadaan erta daya tanggap dan penyesuaian terhadap setiap perubahan dan dinamika sosial dilingkungannya.

3.2 Saran
            Anggota Saka Bhayangkara diharapkan mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kamtibmas kepada para anggota Gerakan Pramuka di Gugusdepannya. Selain itu mampu menyelenggarakan pengalaman lingkungan serta secara kwakarsa, swadaya, dan swasembada, serta secara nyata yg berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat lingkungannya.

1 komentar: